Ngopi Serius, Serius (Mau) Ngopi?

ngopi-serius

Good days start with coffee and you

Mobil yang kami kendarai menyusur pekatnya malam kota Solo, dibarengi cuaca gerimis kecil nan rapat yang mengguyur. Jam digital di tanganku menunjukkan pukul 21.45 WIB. Panduan suara mbak-mbak bersuara berat dari GPS di gawai pintarku menunjukkan arah yang benar ke bilangan Purwosari, Laweyan, Surakarta. Satu tujuan kedai kopi harus kami liput malam itu juga sebagai salah satu konten artikel yang akan dimuat di majalah penerbangan, padahal mata kami sudah sipit menahan kantuk.

Your destination is on the right”, begitu kata mbak-mbak GPS.

“Akhirnya sampai juga,” kataku dalam hati. Kami baru saja menempuh perjalanan cukup jauh dari kota Magelang, langsung menuju Solo.

Kedai kopi yang kami datangi kali ini cukup unik. Apa sih uniknya? Saat sekarang ini, tak sedikit kedai kopi yang hadir tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, tak terkecuali di kota Solo. Tetapi hanya satu kedai kopi di kota bergelar The Spirit of Java ini yang dengan serius menyajikan racikan kopi dari biji kopi pilihan. Jika kamu termasuk penikmat kopi, silakan melipir ke kedai “Ngopi Serius”. Kedai yang memulai usahanya pada akhir tahun 2013 ini siap menyajikan kopi dari banyak varian olahan kopi yang mereka punya. Tak kurang penyajian kopi dengan teknik pengolahan macam V60, Vietnam drip, Chemex, Kalita dll disajikan sesuai pesanan kamu.

Kedai kopi
Suasana kedai “Ngopi Serius” yang penuh tiap hari

Kedai kopi ini membuka jadwal seduh kopi mulai pukul 16.00 WIBB hingga tengah malam dan selalu ramai dikunjungi para penikmat kopi. Konsep kedai Ngopi Serius memang sengaja dibuat dengan tidak menyediakan colokan listrik untuk para pelanggan. Tidak adanya koneksi jaringan internet nirkabel, menandakan bahwa tempat ini memang dikhususkan bagi mereka penggila kopi yang ingin menikmati obrolan bersama teman sejawatnya tanpa diganggu dengan berbagai aktifitas di media sosial.

Baca juga: Ngopi Kelas Dunia di Magelang

Selain racikan kopi dengan variasi tertentu, kedai Ngopi Serius juga menyediakan makanan ringan yang dapat kamu pesan. Tersedia 20 macam menu makanan yang dapat kamu nikmati. Aku dan teman-teman menyempatkan mencoba beberapa menu makanan ringan dan rasanya cukup enak.

“Minum kopi di sini jangan terlalu serius, lah. Sambil bercanda juga boleh,” tutur Noik, barista yang merangkap sebagai Manajer Operasional kedai kopi kepadaku.

Olahan kopi
Rok Presso

“Di kedai Ngopi Serius, kami ingin menyampaikan kepada para penikmat bahwa kopi yang kami sajikan serius, bukan kopi sachet. Ini kami buktikan dari pemilihan biji kopi single origin yang kami pesan dari para petani kopi. Kami mengolah sendiri hingga proses roasting-nya. Hingga saat ini kami mempunyai 50 varian single origin kopi dari berbagai tempat penghasil kopi terbaik di Nusantara. Kami juga punya hingga 30 varian hot blend kopi,” jelas Noik lebih lanjut.

Jelas dengan banyaknya varian kopi yang dipunyai, menjadikan “Ngopi Serius” sebagai kedai kopi dengan varian kopi paling banyak di kota Solo. Tak heran para penikmat kopi memadati kedai ini setiap malamnya. Kedai kopi bukan hanya sekedar tempat minum kopi saja, tetapi juga dapat sebagai tempat bertukar cerita.

Baca juga: Menyesap Kopi Nangka di Lereng Gunung Kelir

Noik meminta salah satu baristanya menghidangkan secangkir kopi sesuai pesanan, sementara kamera di tanganku segera membingkai barista yang dengan cekatan meracik dan menyiapkan kopi pesananku. Di bagian belakang tempat barista terdapat rak berisi kemasan-kemasan kopi roasted bean maupun blend bubuk dari beberapa varian yang bisa dibeli, sementara di meja pelayan ada banyak toples berisi biji-biji kopi yang siap dihidangkan.

Roasted bean
Kopi nusantara pilihan

Malam semakin larut. Deretan bangku dan meja dari kayu dengan kesan klasik satu per satu mulai kosong ditinggalkan pengunjung. Sebentar lagi kedai akan tutup tirai. Mie instan di mangkukku sudah habis tandas tak tersisa. Penat yang melanda terbayar lunas dengan segelas kopi Arabica Sunda Dewi Rengganis sukses menggelontor tenggorokan. Menikmati kopi dan berbincang seru dengan kerabat terasa lebih nikmat. Apalagi jika bersama dengan kamu…

Sruput, gan.

“Ngopi Serius”
Jl. Melati No. 7
Purwosari, Laweyan, Solo

Jadwal seduh kopi: pukul 16.00 – 00.00 WIB

Advertisements

7 Replies to “Ngopi Serius, Serius (Mau) Ngopi?”

      1. Kopi olahan sendiri mudah kok hehehe. Beli biji kopi di pasar, di rumah kopinya disangrai sendiri (bisa ditambah jahe), lalu digiling di pasar. Dulu tetangga saya tidak menggiling di pasar tapi menumbuk sendiri pakai lumpang (kayu) dan diayak. Selesai … bisa diolah/diminum. Hehe.

        Liked by 1 person

      2. Waaah asyik… Ini mengingatkan saya ketika di Sembalun, proses kopi yang disangrai sendiri di rumah; gosong-gosong gimana gitu 🙂

        Ketika diayak tidak semuanya lembut, tapi ampasnya yang membuat ngopi jadi lebih nikmat.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s