Mie Ongklok, Rasanya Rame!

Makanan apa yang terbayangkan di benak anda ketika berada di kota Wonosobo yang berhawa dingin? Apakah itu semangkuk mie yang panas? Jika ya, aku menganjurkan para penelusur kuliner untuk mencoba sajian Mie Ongklok yang hangat dengan kuah yang lezat dan menggugah selera. Sajian mie kuning yang lembut diracik dalam mangkuk dengan tambahan potongan kol dan daun kucai, selanjutnya diguyur dengan Loh pada bagian atasnya. Loh adalah kuah kental yang terbuat dari campuran tepung kanji, gula merah dan udang kering. Olahan Mie Ongklok disempurnakan dengan bumbu kacang serta taburan bawang goreng sebagai pemanis masakan.

Proses pembuatan Mie Ongklok ini sangat sederhana. Mie dan sayuran dimasukkan dalam wadah kecil terbuat dari bambu yang namanya ongklok. Dicelupkan ke dalam air mendidih beberapa kali dan  selanjutnya dituang ke dalam mangkuk. Jika suka dengan rasa pedas, bisa ditambahkan cabe rawit yang sudah dihaluskan. Teknik pembuatan Mie Ongklok ini mirip dengan cara pembuatan Mie Kopyok di kota Semarang dan Lomie di kota Bandung.

P5870448
Sajian lengkap mie Ongklok, ditambah sate sapi & geblek… Top tenan!

Menikmati Mie Ongklok ternyata mempunyai cara tersendiri. Sebaiknya mie jangan diaduk atau dicampur karena akan mengurangi kenikmatan rasa kuahnya. Makanlah dengan perlahan dan rasakan sensasi dari rasa manis, asin serta gurih yang bercampur menjadi satu di lidah. Hmmm… endesss!

Menyantap Mie Ongklok tak lengkap jika tanpa sate sapi, tempe kemul (tempe mendoan khas Wonosobo) dan geblek (makanan ringan terbuat dari singkong). Tiga trisula maut sebagai pelengkap menikmati sajian Mie Ongklok. Jangan takut bangkrut karena harga semangkuk kuliner ini hanya Rp8000, sementara sate sapi 10 tusuk dibanrol Rp20.000. Murah kan?

Artikel ini dimuat di majalah LINKERS (in-flight magazine CITILINK) edisi Maret 2018 hal. 76

 

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

4 Replies to “Mie Ongklok, Rasanya Rame!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s